8 Cara Mudah untuk Menurunkan Berat Badan

Apakah anda menyukai tulisan ini? bagikan dengan teman anda. :)

Oleh: Astrawinata G

BEBERAPA orang cenderung bingung ketika menyadari bahwa berat badannya telah naik. Dan tak jarang mereka menem-puh cara yang tidak rasional dan malah berbahaya bagi kesehatan hanya untuk turun berat badan secara praktis. Berikut adalah beberapa saran sederhana yang patut dicoba:

1. Belajarlah untuk membaca label makanan. Mulailah meng-hitung jumlah kalori harian yang Anda butuhkan perhari sesuai dengan jenis kelamin dan aktivitas Anda, kemudian setipa membeli makanan mulailah biasakan untuk menghitung jumlah kalori yang terkandung agar asupannya tidak berlebihan.

2. Snack Smart.

Bila lapar diantara jam makan, maka Anda dianjurkan meng-konsumsi cemilan agar gula darah Anda tidak turun drastis. Konsumsi buah-buahan merupa-kan langkah yang baik untuk smart snacking.

3. Makan gandum dan pro-duknya lebih sering. Produk gandum, buah dan sayuran tidak hanya sekedar menyediakan nutrisi yang baik untuk kesehatan, namun mereka juga dapat me-ngurangi berat badan. Kandungan kalori yang rendah memung-kinkan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, dan serat serta karbohidrat kompleks gandum membantu memper-tahankan rasa kenyang lebih lama.

4.Makanlah sewajarnya. Me-lewatkan makan pagi, siang, atau malam adalah cara terburuk untuk diet. Banyak orang beranggapan mereka dapat mengurangi ba-nyak kalori dengan cara ini, namun yang terjadi adalah tubuh menjadi kelaparan dan akan makan jauh lebih banyak setelah jam makan.

5. Minumlah banyak air.

Ganti minuman soda dan soft-drink lainnya dengan air putih. Minumlah secara teratur, sebab adakalanya rasa haus disalah-artikan sebagai rasa lapar. Air yang cukup juga membuat tubuh lebih fit.

6. Mulailah berolahraga.

Saran klasik ini seringkali diabaikan dengan alasan malas dan capek. Padahal hampir tidak mungkin berat badan akan turun tanpa olahraga. Mulailah olahraga ringan seperti jalan cepat atau bersepeda selama 30 menit perhari sesering mungkin dalam seminggu. Jalan cepat bahkan dapat dilakukan di tempat kerja Anda.

7. Lakukan penyesuaian porsi

Terkadang kita makan terlalu banyak dan berlebihan. Cobalah pelan-pelan mengurangi takaran porsi makanan Anda sampai Anda bisa bertahan tetap kenyang. Dengan demikian, tidk akan terjadi overfeeding dan tubuh akan menyesuaikan diri dengan jumlah kalori yang masuk.

8. Catat semuanya.

Catatlah apa saja yang telah Anda lakukan untuk program ini dalam sebuah food diary.yang harus dicatat adalah kapan, apa, dan berapa jumlah makanan yang Anda makan di buku catatan. Dengan demikian, Anda dapat mengevaluasi langkah kerja Anda secara teratur setiap beberapa hari dan membuat motivasi lebih besar.

Ada baiknya mulai mene-rapkan 8 langka di atas. Harus diingat bahwa penurunan berat badan akan terjadi perlahan-lahan dan bertahap. Jadi jangan lantas pesimis terhadap hasil yang tidak memuaskan. Teruskan metode diatas dan rasakan penurunan berat badan serta kesehatan yang semakin membaik. Selamat mencoba.

artikel bersangkutan
Apakah anda menyukai tulisan ini? bagikan dengan teman anda. :)