Bruce Stanley Kovner

Apakah anda menyukai tulisan ini? bagikan dengan teman anda. :)
Bruce Stanley Kovner (lahir 1945 di Brooklyn, New York) adalah seorang pengusaha Amerika. Dia adalah pendiri dan Ketua Caxton Associates, LLC, sebuah  broker hedge fund yang mempunyai strategi makro global dan dianggap masuk kedalam jajaran 10 besar perusahaan hedge fund dengan sekitar dana kelolaan $ 14 miliar.Pada tahun 2009, Kovner memiliki estimasi kekayaan bersih sekitar $ 3,5 milyar.Bruce Kovner adalah anak dari keluarga Yahudi yang datang ke Brooklyn, New York, di awal 1900-an dari Tsar Rusia, melarikan diri dari penganiayaan karena kepercayaan Komunis mereka.Bruce Kovner dibesarkan di San Fernando Valley,dan ia adalah seorang anak yang cerdas. Pada usia 16 dia diangkat menjadi presiden mahasiswa Van Nuys High School dan juga menjadi pemain basket disekolah itu.
Kovner pergi ke Harvard College dimulai pada tahun 1962, dan ia mendapati ibunya sudah gantung diri di Van Nuys. Meskipun demikian, ia dianggap sebagai murid yang baik dan disukai oleh teman-teman sekelasnya. Menghindari kewajiban militer untuk ditempatkan di Vietnam, Kovner tinggal di Harvard, belajar ekonomi politik di John F. Kennedy School of Government.
Kovner tidak menyelesaikan gelar Ph.D. disekolahnya.Selama beberapa tahun berikutnya,ia bekerja pada kampanye politik, belajar piano,menjadi seorang penulis, dan sopir taksi, lalu menjadi seorang trader komoditi.Kovner bertrading dengan dana $3000 dengan dana dari kartu kredit MasterCard pada awal tahun 1977. Pada awal perdagangan, Kovner profit $1000. Dana $4000 ditradingkan ke kedelai berjangka dalam enam minggu dan berhasil menjadi $45 ribu. Trading berikutnya ia mengalami kerugian sebesar $23 ribu. Kovner lalu melakukan introspeksi dan membuat ia memahami risiko dan menciptakan struktur untuk mengendalikan risiko dalam berinvestasi.
Dan karena mengalami kerugian itulah maka Kovner mengenal  manajemen resiko. Dalam perannya sebagai trader Michael Marcus yang merupakan legenda dari Commodities Corporation (sekarang adalah unit usaha dari Goldman Sachs), ia konon membuat jutaan dollar, dan dihormati sebagai seorang trader yang objektif dan rasional, dimana ia telah menghasilkan modal $ 10 miliar bagi Caxton Associates.
Kovner tidak cukup dikenal di luar kalangan profesional. Dia telah sangat jarang memberikan wawancara, dan ini sangat pribadi. Apartemennya di Fifth Avenue di New York City mempunyai perlindungan terhadap kimia, biologi, atau serangan bom kotor.
Dia sangat tertarik terhadap seni dan sangat tertarik pada suatu opera (Metropolitan Opera di Lincoln Center). Kovner adalah seorang kolektor keranjingan buku langka dan manuskrip musik klasik dan telah memberikan jutaan dolar untuk proyek-proyek seni dan lembaga seni, terutama yang Juilliard School (dimana dia adalah Ketua yayasan itu). Dia adalah donor utama dari ekspansi Lincoln Center dan penerbit banyak karya, termasuk pembuatan Alkitab modern. Ia juga pendiri dan Ketua Yayasan School Choice Scholarships Foundation, bagi siswa yang kurang secara finansial di New York City.
Kovner telah berkontribusi secara ekstensif untuk menyebabkan konservatif. Dia adalah mantan ketua dewan pengawas dari American Enterprise Institute, dimana kenalan dekatnya adalah mantan Wakil Presiden Dick Cheneytokoh neo-konservatif Richard Perle dan James Q. Wilson, serta berbagai pejabat pemerintah dari seluruh dunia – hubungan yang membantunya dalam mempelajari pasar komoditas seluruh dunia. Dia adalah pendukung utama dari Institut Manhattan dan pengisi kolom New York Sun.

Metodologi Trading Bruce Kovner
Membuat penilaian perdagangan mata uang dan masa depan berdasarkan analisa peristiwa politik dan ekonomi di seluruh dunia.
Penelitian/teknik analisa oleh Bruce Kovner

* Luangkan sejumlah besar waktu untuk mengikuti dan menganalisis perekonomian negara-negara yang berbeda (meski rumit) dan mengintegrasikan berbagai analisis ini menjadi sebuah gambar tunggal.
* Bruce Kovner tidak bertrading sendirian yaitu Prechter, Zweig, Davies Ned, dan Eliades. Dia mencari konsensus saat pasar tidak memberi konfirmasi.Dia ingin tahu ketika banyak orang akan salah.
* Menggunakan analisis teknikal yang besar, dan harus mengerti mengapa pasar bergerak.  Analisa teknikal adalah seperti termometer.
* Penting untuk memiliki kemampuan untuk membayangkan konfigurasi dari dunia yang berbeda dari hari ini (skenario alternatif) dan benar-benar percaya bisa terjadi.Juga, tetap rasional dan disiplin di bawah tekanan.

Teknik trading teknikal menurut Bruce Kovner
* Untuk membuat uang, Anda harus memegang keyakinan Anda. Sulit untuk melakukannya saat Anda mengikuti orang lain.
* Ia mendapat panggilan 24-jam dari staf ketika mata uang jatuh atau ketika seorang perdana menteri mengundurkan diri.
* Bila Anda memiliki pandangan fundamental sebelum sepotong berita besar, tunggu sampai berita ini keluar dan melihat bagaimana pasar bereaksi.
* Jika masuk market, selalu pasang Stop Loss.

Teknik manajemen resiko oleh Bruce Kovner
* Harus berani cut lose sebelum market menghabiskan modal Anda.
* Mengetahui manajemen resiko dengan baik.
* Jika terjadi loss dalam trading forex, harus bisa mengevaluasi diri.
* Setiap kali membuka posisi, harus berani memasang Stop Loss.

Filsafat dan keyakinan Bruce Kovner

* Alasan Kovner dalam bisnis ini adalah bahwa dia menemukan analisis peristiwa politik dan ekonomi di seluruh dunia yang luar biasa menarik.
* Aturan pertama perdagangan adalah jangan terjebak dalam situasi di mana Anda bisa kehilangan banyak uang untuk alasan yang tidak Anda mengerti.
* Seorang trader harus bersedia untuk membuat kesalahan teratur-Marcus mengajarkan kepadanya tentang membuat keputusan terbaik, yang salah, membuat evaluasi terbaik berikutnya, yang salah, membuat penilaian terbaik ketiga, kemudian membuat  lot yang lebih besar.
* Prinsip Heisenberg – Jika ada sesuatu yang erat diamati, kemungkinan besar akan diubah dalam proses. Semakin pola harga diamati oleh spekulan semakin rentan Anda memiliki sinyal palsu,pasar lebih merupakan produk aktivitas nonspeculative, semakin besar pentingnya analisa teknikal.
* Pasar modal merupakan pasar jangka pendek, sedangkan pasar komoditas dapatdijabarkan dengan analisa teknikal.
* Pasar atau market selalu benar karena banyak orang yang membuka  order yang sama pada suatu waktu. Kovner memberi contoh bahwa Uni Soviet adalah pedagang yang sangat baik dalam mata uang dan biji-bijian.

Sejarah dan fakta lain Bruce Kovner
* Bekerja dengan Michael Marcus dan rekannya dari Jack Schwager di Komoditas Corp
* Belajar ilmu politik dan ekonomi di Harvard, juga mengajar ilmu politik di Harvard dan U. Penn.

Kinerja trading Kovner Bruce
Selama sepuluh tahun yaitu dari 1979 – 1989, Kovner telah mendapatkan pendapatan rata-rata 87% dari tradingnya.

Bagaimana Kovner menghasilkan keuntungan ?
Menurut Global Macro Funds mengatakan bahwa “Kovner sukses karena membuat  analisa fundamental dengan tepat, seperti misalnya kebijakan  bank sentral dan pemerintah yang pasar keuangan yang dapat dieksploitasi.”

Bruce Kovner juga sangat dipengaruhi oleh Michael Marcus (mahasiswa Ed Seykota’s):

“Michael mengajarkan saya satu hal yang sangat penting. Dia mengajarkan saya bahwa Anda bisa membuat satu juta dolar Dia menunjukkan. Dia mengatakan bahwa segala perkara yang ajaib bisa terjadi.

Bagaimana sikap Kovner soal resiko ?
Kovner bertrading dengan dana $3000 dengan dana dari kartu kredit MasterCard pada awal tahun 1977. Pada awal perdagangan, Kovner profit $1000. Dana $4000 ditradingkan ke kedelai berjangka dalam enam minggu dan berhasil menjadi $45 ribu. Trading berikutnya ia mengalami kerugian sebesar $23 ribu. Kovner lalu melakukan introspeksi dan membuat ia memahami risiko dan menciptakan struktur untuk mengendalikan risiko dalam berinvestasi.

Apa latar belakang Kovner ?
Kovner adalah seorang pecinta musik, ia paling dikenal untuk menghibur teman-temannya dengan beberapa penampilan pribadi di rumahnya di New York City.Dengan janggut rapi mulai beruban dan secara profesional, Kovner dibesarkan di San Fernando Valley di sebelah timur Los Angeles, putra seorang insinyur.

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Bruce_Kovner
http://chinese-school.netfirms.com/abacus-hedge-funds-Bruce-Kovner.html

artikel bersangkutan
Apakah anda menyukai tulisan ini? bagikan dengan teman anda. :)