Mervyn Allister King: Gubernur Bank of England

Apakah anda menyukai tulisan ini? bagikan dengan teman anda. :)

 

Mervyn King adalah seorang Gubernur Bank of England dan juga ketua dari MPC(Monetary Policy Committee). Sebelumnya ia adalah wakil Gubernur dari BoE dari tahun 1998-2003, dan ketua Tim Ekonomi dan Direktur Eksekutif BoE dari tahun 1991. Sebelumnya Mervyn King adalah seorang direktur non eksekutif BoE pada tahun 1990-1991.
Mervyn Allister King dilahirkan pada tanggal 30 Maret 1948. Dia sekarang menjabat sebagai Gubernur BoE menggantikan Sir Edward George pada tanggal 30 Juni 2003.
Pendidikan
Pada tahun 1969, Mervyn King sekolah di King’s College, Cambridge, dan Harvard (sekolah Kennedy). Lalu ia melanjutkan ke Cambridge dan Birmingham Universities. Lalu ia menjadi Profesor tamu di Harvard University and MIT. Pada bulan Oktober 1984 ia menjadi Profesor tamu di London School of Economics dimana ia bergabung di Financial Markets Group.
Mervyn King juga pernah menjadi anggota British Academy, dengan gelar dari Honorary Fellow of King’s dan St John’s Colleges,Cambridge, dan menerima gelar kehormatan dari Birmingham, City of London, Edinburgh, London Guildhall, London School of Economics, Wolverhampton, Cambridge dan Helsinki Universities. Dia juga adalah anggota terhormat asing dari American Academy of Arts and Sciences, sebuah badan Advisory Council dari London Symphony Orchestra. Selain itu dia juga adalah anggota dari klub Patron of Worcestershire County Cricket Club dan Trustee of the National Gallery.

Cambridge University memberikan penghargaan kepada King sebagai Doktor Kehormatan bidang Hukum pada tahun 1986.

Karir
Sebagai anggota MPC ia menerapkan gaya voting “hawkish”. Sebelum menjadi Gubernur, ia secara reguler memperketat kebijakan moneter Inggris bersama dengan rekan kerjanya. Pola tersebut ia lanjutkan saat menjadi Gubernur BoE, tetapi seperti tokoh terkemuka lainnya, ia juga pernah melanggar keputusan MPC pada bulan Agustus 2005 mengenai pemotongan tingkat suku bunga dan pada bulan Juni 2007 mengenai kenaikan tingkat suku bunga. King sepertinya tidak mau mengikuti pola para pemimpin  bank sentral lainnya.
King mulai meninggalkan kebijakan moneter “boring”, dimana ia lebih berfokus untuk menjaga keseimbangan tingkat  inflasi. Target dan komitmennya tentang inflasi di Inggris adalah tetap 2%. Gajinya kini per bulan adalah sebesar 400 ribu pound.

Personal Life
King adalah seorang fans dari klub sepakbola Aston Villa FC, dan pernah mensponsori sebuah pertandingan antara pegawai Bank of England melawan pemain Villa periode itu. Ia juga pernah menjadi seorang komentator dari acara radio BBC yaitu Five Live tahun 2005, dan pernah mewawancarai Simon Mayo.

Interesting Story
King merupakan Gubernur Bank sentral yang mengutamakan tingkat inflasi sebagai inti utama permasalahan makroekonomi. Istilah ‘Inlation Nutter’ merupakan julukan dari King yang terfokus pada pengentasan masalah inflasi di Inggris.

artikel bersangkutan
Apakah anda menyukai tulisan ini? bagikan dengan teman anda. :)