Paul Tudor Jones

Apakah anda menyukai tulisan ini? bagikan dengan teman anda. :)

 

Paul Tudor Jones II dilahirkan tanggal 28 September 1954. Beliau merupakan pendiri Tudor Investment Corporation, yang merupakan perusahaan pengelolaan investasi pribadi dengan konsep sistem  hedge fund. Pada Maret 2010 lalu, majalah Forbes menempatkan Tudor pada peringkat 297 orang terkaya dunia dengan kekayaan bersih sebesar USD 3,2 miliar. Untuk menajemen biaya perusahaannya,ia mengelola biaya yang lebih tinggi dari standar industri. Standar industri keuangan pada umumnya adalah dua persen per tahun dari pengelolaan aset dan dua puluh persen dari keuntungan,sedangkan Tudor Investment Corp memberikan empat persen per tahun dari pengelolaan aset dan dua puluh tiga persen dari keuntungan.

Pendidikan
Jones lulus dari sekolah dasar Presbyterian Day School di Memphis. Setelah itu ia melanjutkan pendidikan di Memphis University School (setingkat SMP – SMA) lalu kemudian kuliah di University of Virginia, mendapatkan gelar sarjana di bidang ekonomi pada tahun 1976 serta kejuaraan tinju kelas menengah.
Pada tahun 1976, ia mulai bekerja di sebuah  broker sebagai pegawai dan kemudian menjadi broker untuk EF Hutton. Pada tahun 1980, ia melakukan trading dan mendapatkan keuntungan.
Ia kemudian masuk ke Harvard Business School, diterima, lalu kemudian ia berpikir :”Ini gila, karena untuk apa saya ada disini,mereka tidak akan mengajariku tentang ketrampilan bisnis apapun di sekolah bisnis ini”.
Dia berkonsultasi dengan sepupunya, William Dunavant Jr, untuk meminta nasihat. Dunavant, yang mempunyai bisnis Dunavant Enterprises adalah salah satu trader besar kapas berjangka, dipekerjakan untuk bertrading di pialang New York Cotton Exchange.

Langkah bisnis
Pada tahun 1980 ia mendirikan Tudor Investment Corporation yang saat ini berkantor pusat di Greenwich, Connecticut. Grup Tudor, yang terdiri dari Tudor Investment Corporation dan afiliasinya, terlibat aktif dalam investasi dan penelitian di ekuitas global, modal usaha, hutang, mata uang, dan pasar komoditas.
Salah satu keberhasilan Jones ‘paling awal dan utama adalah memprediksi Black Monday pada tahun 1987, tiga kali lipat uangnya bertambah karena posisi short sell.
Pada 1987, dibuat sebuah film yang menceritakan dirinya “”TRADER: The Documentary”.Film ini menunjukkan Jones sebagai seorang pemuda yang memprediksikan black monday 1987, menggunakan metode yang mirip dengan cara prediksi Robert Prechter.

Meskipun video ditampilkan di televisi publik pada bulan November 1987, jumlah peminat yang menonton masih sedikit.Di Internet, video tersebut dijual seharga $ 295. Menurut Michael Glyn, direktur video, Jones meminta pada 1990-an agar video tersebut dihapus di peredaran. Video tersebut muncul kembali di YouTube pada akhir Juli 2009, sebelum dihapus kembali karena pelanggaran hak cipta.
Perusahaan Jones saat ini mengelola dana investasi $17,7 milyar (per 1 Juni 2007). Kemampuan investasi Jones beragam yaitu perdagangan makro global, investasi ekuitas saham di Amerika Serikat dan Eropa, emerging market,modal ventura, komoditas, strategi drive-even, dan sistem perdagangan teknis.
Jones, dengan rekannya Hunt Taylor, berperan penting dalam penciptaan FINEX, varian produk dari New York Board of Trade, dan dalam pengembangan indeks  kontrak berjangka dollar.Dia juga menjabat sebagai Ketua dari New York Cotton Exchange dari bulan Agustus 1992 sampai Juni 1995.

Gaya & keyakinan dalam trading Jones
Seperti yang tertulis dalam buku Market Wizards, berikut adalah Gaya & keyakinan dalam trading Jones :
1. Bertrading dengan membuka satu posisi saja. Tidak perlu hedge, dan selalu siap dengan memasang Stop Loss dan Cut Lose.
2. Menempatkan dirinya sebagai oportunis pasar utama. Ketika ia mengembangkan sebuah ide, ia mengejar itu dari sudut pandang yang sangat berisiko rendah sampai ia telah terbukti salah berulang kali, atau sampai ia mengubah sudut pandangnya.
3. Jika dimungkinkan, jadilah seorang swing trader, dimana saat yang terbaik adalah saat menunggu. Cari harga saat diatas atau dibawah, lalu masuklah ke market.
4. Jika sudah profit,segeralah keluar dari market dan bersenang-senanglah. Keluar market dalam keadaan rugi adalah sesuatu yang tidak nyaman.Tidak ada yang lebih baik dari sebuah pemikiran dan pemahaman baru dalam trading. Kuncinya adalah bermain dengan Stop Loss (pertahanan besar) bukan dibiarkan saja (pelanggaran besar).
5. Jangan pernah mau dikalahkan pasar terus menerus. Kurangi jumlah  lot saat floting loss (trading yang buruk) dan naikan jumlah lot saat trading berjalan dengan lancar.
6. Milikilah mental baja. Jika posisi sedang rugi, harus berani cut lose. Jika sudah terjadi loss, keluarlah dari market segera, lanjutkan trading esok hari.
7. Memiliki waktu untuk memantau portofolio ekuitas secara realtime.
8. Ia percaya akan pergerakan harga ( analisa teknikal) lalu berita fundamental.
9. Tidak peduli tentang kesalahan yang dibuat 3 detik yang lalu, tapi yang penting adalah apa yang harus dilakukan berikutnya.
10.Jangan menjadi pahlawan. Tidak memiliki ego. Selalu tanya ke diri Anda bagaimana kemampuan Anda saat ini. Jangan pernah merasa bahwa Anda sangat baik. Jika itu yang Anda lakukan, Anda akan kalah.

Kedermawanan
Jones adalah pendiri Robin Hood Foundation, sebuah organisasi filantropi yang didukung oleh perusahaan hedge fund.
Ia mendirikan dan menjadi ketua yayasan Excellence Charter School, untuk memberikan beasiswa bagi anak tidak mampu di lingkungan Stuyvesant Bedford,Brooklyn, New York. Dia juga mendirikan dan memimpin Stuyvesant Bedford I Have A Dream Foundation, yang menempatkan siswa lokal di perguruan tinggi.
Dia juga memiliki perusahaan Grumeti Reserves di Tanzania Barat daerah Serengeti dan baru-baru ini dipuji oleh parlemen negara Afrika Timur untuk larangan perburuan hewan liar.
Dia juga membuat sumbangan besar untuk almamaternya, University of Virginia, sebesar $ 35 juta,dan juga memberi bantuan untuk membangun arena basket baru, bernama John Paul Jones Arena untuk menghormati ayahnya.
Jones adalah mantan ketua yayasan National Fish and Wildlife Foundation dan saat ini memimpin Yayasan Everglades.
Jones juga memiliki peternakan besar di Kremmling, Colorado, di mana orang yang menderita cacat bisa ikut memancing dan berburu.

Kehidupan pribadi
Jones telah menikah dengan istrinya Sonia, seorang mantan model Australia, sejak tahun 1988. Mereka memiliki empat anak.

Pada tahun 1990, Jones mengaku bersalah atas kepemilikan lahan basah ilegal dan membayar ganti rugi $ 2 juta.

Sumber
Wikipedia

artikel bersangkutan
Apakah anda menyukai tulisan ini? bagikan dengan teman anda. :)