Selamat Hari Raya Tri Suci Waisak

Apakah anda menyukai tulisan ini? bagikan dengan teman anda. :)

2500 tahun yang lalu, Buddha Shakyamuni lahir di India.

Dia mengajarkan manusia bagaimana cara mencapai Kebahagiaan yang sesungguhnya. Bagaimana cara mengatasi penderitaan hidup. Dan memberikan Jalan untuk mencapai Kesadaran  Buddha sama seperti Dia tanpa ada perbedaan..

Yaitu dgn cara mengurangi 5 racun dalam diri kita : Keserakahan, Kemarahan, Kebodohan, Kesombongan dan Keragu-raguan. Serta mengembangkan sifat Cinta Kasih (Metta), Belas Kasih (Karuna), Turut bergembira atas kegembiraan org lain (Mudita) dan Keseimbangan Bathin (Upekkha).

Didalam diri kita (semua umat manusia) memiliki Jiwa Buddha ini. Yang bila dilatih dengan sungguh2. Dapat membuat diri kita sangat kuat dan tidak tergantung (berharap ke kekuatan di luar diri kita)

Walaupun Kehidupan duniawi sekarang serta kebutuhan-kebutuhan hidupnya sangat banyak tantangan dan godaan utk menjadi lebih serakah, lebih menyombongkan diri (harta, kepintaran, nama, ilmu, dsb) lebih mudah marah karena ego kebenaran sendiri serta Keragu-raguan akan Ajaran Dharma yang sesungguhnya. Tetapi dengan sifat Sravaka (Belajar), Pratekya (Merenungkan), sifat Bodhisatva (Membantu mengurangi penderitaan orang lain) dan Sifat Buddha (Kesadaran akan hal yang benar dan salah)akan menerangi Hati dan Pikiran kita untuk pelan-pelan mengurangi Sifat buruk (kejahatan) di dalam diri kita dan memperbanyak sifat baik (kebaikan) di dalam diri kita serta mensucikan hati dan pikiran kita ke arah yang lebih baik.

Agar benih karma buruk kita berkurang dan benih karma baik kita bertambah. Agar jodoh untuk penderitaan kita berkurang serta jodoh untuk kebahagiaan kita bertambah. Bathin kita menjadi lebih kuat mengatasi kesulitan2 hidup dan lebih bisa menghargai kurnia (berkah yang kita miliki sekarang).

Selamat Hari Raya Tri Suci Waisak

Semoga Pancaran Sinar Kebijaksanaan Sang Buddha dapat memberikan Penerangan ke Diri Kita Semua untuk berusaha menjadi orang yang lebih baik..  Nammyohorengekyo.. 🙂

 

artikel bersangkutan
Apakah anda menyukai tulisan ini? bagikan dengan teman anda. :)